Dok. Istimewa / Para relawan sedang membersihkan timbulan sampah

Deli Serdang – Yayasan Gerakan Peduli Sungai (GPS) bersama Komunitas Pecinta Alam (KPA) dan Pemuda Remaja Masjid (RM) melaksanakan Aksi Peduli Lingkungan (APeL) membersihkan timbulan sampah pada Minggu, 16 Juli 2023 di sempadan Sungai Percut Jl. Sungai Teratai, Desa Laut Dendang, Tepatnya di Jembatan Penghubung Laut Dendang menuju Bandar Setia. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian menuju “Pesta Sungai Tembung” yang akan dilaksanakan pada 6 Agustus 2023 mendatang.

Kegiatan ini digagas oleh Yayasan Gerakan Peduli Sungai (GPS) diikuti oleh Puluhan Relawan dari berbagai elemen pemuda antara lain, KPA Nusantara Adventure, Himpunan Remaja Masjid Al Hasanah (HIMPARA) Desa Laut Dendang, Ikatan Remaja Mushola Al Iman (IRMAIN) Desa Bandar Setia, Ikatan Remaja Masjid Baiturrahman (IRMAB) Desa Bandar Khalipah, Komunitas Mawuwo Art dan Komunitas CresHome, berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 15 TrashBag dengan total 637 Kg Sampah Plastik berbagai jenis.

Luthfi Hakim Fauzie selaku Ketua Yayasan Gerakan Peduli Sungai (GPS) menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengajak para pemuda di Deli Serdang Khusus nya pemuda – pemudi yang tinggal berdampingan di jalur Sungai Percut untuk lebih perduli dan terlibat dalam aksi – aksi lingkungan dalam menjaga kelestarian Sungai percut yang kita bisa lihat dan saksikan langsung kondisi nya cukup buruk akibat banyak nya timbulan sampah – sampah yang dibuang oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kegiatan hari ini juga diharapkan dapat membentuk rasa kepedulian anak muda terhadap kondisi lingkungan sekitar kita yang kian buruk akibat timbulan sampah yang semakin memperburuk ekosistem Daerah Aliran Sungai (DAS). Untuk meminimalisir kerusakan lingkungan sungai yang lebih buruk dan memperluas peran pemuda, Yayasan Gerakan Peduli Sungai (GPS) mengundang pemuda – pemuda Setempat untuk berkolaborasi dalam aksi baik ini sebagai #SahabatSungai , hal kecil yang dilakukan oleh banyak orang akan menghasilkan dampak yang besar, inilah yang mendorong Yayasan GPS mengajak pemuda – Pemudi dari berbagai elemen dan komunitas untuk berkolaborasi dengan kami,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Saiban Nawawi sebagai Sekretaris Acara “Pesta Sungai Tembung” yang juga merupakan Pemuda setempat yang tinggal di Desa Bandar Setia tidak jauh dari Sungai Percut menyampaikan bahwa dirinya juga sangat resah melihat kondisi Sungai yang di kotori oleh sampah, sehingga Nawi panggilan akrab nya sangat senang dengan adanya kegiatan ini dimana dirinya mengaku dapat berkontribusi untuk lingkungan sekitar tempat tinggal nya, apalagi saat ini juga diberi amanah menjadi Pembina IRMAIN salah satu Remaja Masjid yang terlibat dalam kolaborasi ini, kesempatan ini langsung di manfaatkan kan nya untuk mengajak teman – teman nya sesama Remaja Masjid lainnya untuk ikut terlibat,” Ujarnya.

Lebih lanjut, Hans sapaan nya selaku ketua Panitia “Pesta Sungai Tembung” mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat diikuti lebih banyak komunitas dan Pemuda lainnya sehingga akan menghasilkan dampak dan area yang dibersihkan bisa lebih meluas,” tutupnya.

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *