Yayasan Gerakan Peduli Sungai (GPS)

Program Kami

_

Lingkungan Hidup

Sebagai Organisasi yang bergerak dalam bidang pelestarian Lingkungan Hidup khususnya pada kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Indonesia. Yayasan Gerakan Peduli Sungai (YGPS) menjalankan  berbagai program terkait upaya pelestarian dan perlindungan ekosistem sungai melalui beberapa program seperti :

  • River Clean Up
  • One Man One Tree
  • Mangrove Activity
  • Waste Trap
  • Susur Sungai
  • Edukasi Lingkungan

 

Selain berjalannya program sesuai rencana, tentunya dibutuhkan daya dukung operasional untuk memenuhi kebutuhan program dan lain sebagainya, tentunya setiap kontribusi yang anda berikan sangat berharga dalam menjalankan program-program yang ingin dicapai untuk kelestarian Sungai di Indonesia.

 

Edukasi & Pemberdayaan Masyarakat

Sebagai Makhluk sosial maka mausia tak terlepas dari lingkungan hidupnya, sebab di lingkungan itu manusia menggantungkan hidup. Mulai dari tempat tinggal, sumber makan, hingga beraktivitas sehari-hari sehingga perlu memastikan bahwa ada kelestarian lingkungan sehat dan berkelanjutan ke depannya.

Sebagai Manusia kita juga sangat membutuhkan air sebagai salah satu kebutuhan kita utuk hidup, namun bila dilihat kondisi sungai-sungai di indonesia yang di penuhi oleh sampah sampah bahkan menjadi tempat pembuangan sampah pihak pihak yang tidak bertangung jawab rasanya sangat ironis, sangat berbanding tebalik dengan peran dan fungsi sungan yang sangat penting bagi kehiduan manusia.

Beberapa Upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat ialah :

  1. Pendidikan Lingkungan dengan Mendirikan Sebuah Sanggar sebagai Ruang Edukasi Lingkungan serta Pusat Informasi Lingkungan yang dapat diakses oleh semua kalangan dan elemen masyarakat. Pendidikan lingkungan hidup ini penting untuk diajarkan sedini mungkin dan sebagai pengetahuan cara hidup yang memperhatikan lingkungan di sekitarnya.
  2. Community Empowering yaitu melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat yang tinggal berdampingan dengan kawasan sungai.

Menjaga lingkungan adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama , harapan nya dengan adanya pendidikan lingkungan dan pemberdayaan bagi masyarakat dapat :

  1. Menumbuhkan Kesadaran dan kepekaan Kelestarian Sungai dan lingkungan Sekitar
  2. Menambah Pengetahuan dan pemahaman tentang peran dan fungsi sungai terhadap kehidupan.
  3. Menumbuhkan Rasa dan Sikap kepedulian terhadap pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai (DAS).
  4. Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan untuk mengidentifikasi potensi ekonomi dan potensi pencemaran yang ada di sungai.
  5. Berkontribusi serta Partisipasi dalam kegiatan pelestarian sungai.

Hal kecil yang dilakukan banyak orang akan menghasilkan dampak yang besar , begitupun semakin kita tau semakin kita ingin menjaga nya.

 

#JAGASUNGAIKITA

 

Sosial Kemanusiaan

Bencana tidak ada yang tau kapan datang nya , sebagai lembaga yang aktif bergerak di Kawasan Daerah Aliran Sungai kita harus selalui siaga setiap saat apabila terjadi Musibah maupun Bencana alam yang akan datang atau terjadi .

Melihat ini Yayasan Gerakan Peduli Sungai (YGPS) membuat sebuah program bertajuk , Sosial Kemanusiaan melalui beberapa kegiatan antara lain :

  1. Program Pengurangan Resiko Bencana (PRB)
  2. Program Search And Rescue (SAR)
  3. Mitigasi Non Struktural (ala Vetiver)
  4. Humanity Action